Akhirnya Buka Mulut Juga

Posted: July 7, 2009 in Kritik sosial
Tags: , , ,

Setelah lama menahan diri dan bungkam mengenai kasus dan keresahan yang ditimbulkan oleh undian dan hadiah Avanza bodong dalam yang kuponnya diselipkan dalam kemasan produk Tango, akhirnya pemilik produk tidak tahan lagi untuk terus berdiam diri. Akhirnya, produsen Tango, melalui seorang karyawannya memberikan statement dan klarifikasi terkait dengan hal ini. Statement dari pihak Tango bisa dibaca dalam kolom komentar ini.
Beredarnya secara luas kupon undian tipu-tipu berhadiah mobil Avanza terbukti meresahkan. Walaupun tidak banyak tanggapan yang diberikan untuk warta yang saya tulis di blog saya dan di wikimu, paling tidak menunjukkan bahwa keresahan masayarakat akan maraknya penipuan semacam ini memang bukan hal yang mengada-ada. yang jelas, masyarakat dibuat resah oleh tindakan segelintir orang yang dengan, pastinya sengaja, melakukan upaya penipuan dengan membonceng sebuah brand produk terkenal semacam Tango. Kasus tipu-tipu semacam ini dan dengan menggunakan modus seperti ini memang bukan baru pertama. Kasus tipu-tipu model ini awalnya menggunakan kemasan produk detergen. Banyak yang kena tipu. Setelah modus lewat kemasan detergen diendus petugas dan masyarakat sudah pada tahu, gantilah dia ke produk makanan anak-anak dan remaja. Sungguh akal bulus dan “kreatif” untuk mencari uang dengan cara mudah.
Pihak tango yang tidak mau nama besarnya dirugikan, sudah melakukan beberapa upaya pencegahan termasuk melaporkan kasus ini kepada yang berwajib. Baca lagi di sini untuk mengetahui apa yang sudah dilakukan manajemen Tango. Harapannya, masyarakat tidak menjadi korban penipuan. Sebuah upaya yang baik dan bertanggungjawab dari pemilik brand ini.
Penjelasan dari pihak manajemen Tango ini yang diberikan oleh salah satu karyawannya dengan memberikan komentar harus kita hargai sebagai sebuah bentuk dari tanggungjawab moral produsen untuk melindungi konsumennya dari kerugian dan tin dakan merugikan yang dilakukan oleh “pihak ketiga”.
Saya secara pribadi menyampaikan apresiasi kepada manajemen PT Orang Tua atas klarifikasi yang diberikan. Pun begitu, masih ada dua pertanyaan besar yang harus dan perlu dijawab. Pertama, bagi kita yang melek teknologi dan hampir setiap hari bisa surfing di dunia maya dan mengaduk-aduk isinya, berita seperti ini bisa dengan cepat kita terima. Masalahnya, bagaimana dengan mereka yang tidak atau belum melek teknologi khususnya internet. Tanggunjawab kita untuk melindungi mereka dari penipuan bukan? Yang kedua, kenapa penyebaran dan jumlah kemasan yang diboncengi untuk melakukan penipuan semacam ini sangat banyak. Juga, pengemasannya sangat rapi seperti asli dari pabrik. Mungkin kita akan menjawab,”Kan ada tekhnologi. Apa yang tidak bisa dibuat dengan tekhnologi. Jangankan membungkus kembali kemasan plastik, hewan dan tumbuhan saja sudah bisa dikloning.” Ya, teknologi. Tanpa bermasksud berspekulasi dan berpikiran negatif, kalau ada rekan-rekan yang mengetahui modus operandi kelompok penipu seperti ini silahkan berikan komentar atau tulis artikelnya supaya kita semua memperoleh manfaat yang positif. Atau, pihak Tango mau memberikan komentar dan masukannya lagi? Silahkan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s